Suriah Ancam Tembak Jatuh Jet Tempur Turki Jika Berani Serang Afrin dan Manbij

BEIRUT, LIBANON – Pemerintah Suriah pada hari Kamis (18/9/2018) memperingatkan Turki untuk tidak meluncurkan operasi militer di wilayah barat laut Afrin di Suriah dan mengatakan bahwa pertahanan udara Suriah siap untuk mempertahankan diri dari serangan semacam itu.

“Kami memperingatkan pemimpin Turki bahwa jika mereka memulai operasi tempur di wilayah Afrin, itu akan dianggap sebagai tindakan agresi oleh tentara Turki,” kata wakil menteri luar negeri Faisal Meqdad dalam sebuah pernyataan yang dibawakan oleh media pemerintah.

“Pertahanan udara Suriah telah memulihkan kekuatan penuh mereka dan mereka siap untuk menghancurkan target penerbangan Turki di langit Republik Arab Suriah,” tambahnya.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan kepada CNN Turk dalam sebuah wawancara pada hari Kamis bahwa Turki akan melakukan intervensi di Afrin dan Manbij untuk melawan milisi Komunis YPG Kurdi Suriah.

Pasukan Turki sudah ditempatkan di wilayah Suriah di kedua sisi Afrin yang dikendalikan YPG. Tentara Suriah menguasai tanah di selatan.

“Kehadiran pasukan Turki di wilayah Suriah” benar-benar ditolak, “tambah Meqdad. Dia mengatakan bahwa tindakan militer oleh Ankara akan mempersulit perannya sebagai partai untuk pihak diplomatik dan menempatkannya pada “tingkat yang sama dengan kelompok teroris.”

Tinggalkan Balasan