Pemerintah Suriah Menyita Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Ghouta

JENEWA— Juru Bicara Komite Palang Merah Internasional Iolanda Jaquemet mengatakan bahwa, truk berisi bantuan kemanusiaan yang tiba di wilayah Ghouta di Suriah timur telah disita oleh pemerintah Suriah.

Lebih dari 40 truk bantuan keluar dari wilayah Douma dalam kegelapan setelah ditembaki di kota dan tak bisa mengeluarkan bantuan secara maksimal. Semua staf selamat dan kembali ke ibu kota Damaskus.

“Tim ini aman, tapi mengingat situasi keamanan, kami memutuskan agar mereka segera kembali. Mereka telah mengeluarkan muatan sebanyak mungkin, mengingat situasi saat ini di lapangan,” kata Jaquemet.

Seorang pejabat senior PBB Ali Za’tari yang ikut dalam konvoi mengatakan ‘tidak senang’ setelah mendengar tembakan keras di dekat titik persimpangan ke Ghouta timur, meskipun ada kesepakatan bahwa bantuan bisa dikirimkan dengan aman.

“Kita perlu diyakinkan bahwa kita bisa memberikan bantuan kemanusiaan dalam kondisi baik,” kata Ali

Ali mengatakan, pengiriman tersebut telah dikurangi dari kesepakatan awal yakni untuk 70 ribu orang, menjadi hanya 27.500 orang. PBB mengatakan Suriah telah sepakat untuk mengizinkan sisa makanan tersebut untuk 70 ribu orang lagi, dalam konvoi kedua dalam tiga hari. []

Tinggalkan Balasan