LGBT Ini Ancaman Serius

PADANG— Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, menanggapi hal terkait maraknya komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di provinsi Sumatera Barat. Nasrul menyebut keberadaan komunitas LGBT kian meresahkan.

Nasrul menyebut, Kaum LGBT terbanyak di Indonesia berasal dari Sumatera Barat. Dan sekarang, 75 persen penderita HIV/AIDS di Sumatera Barat berasal dari perilaku seks menyimpang atau LGBT dan penyalahgunaan narkoba.

“LGBT ini ancaman serius, dan baru ketahui pula ketua perhimpunan LGBT Indonesia itu orang Minang. Dan dari data yang dihimpun, ada ratusan LGBT di Kota Padang; sebagian besar merupakan laki-laki yang sudah memiliki istri,” katanya, pada Ahad, (11/03/2018) kemarin.

Pemerintah Provinsi tengah mendata kelompok LGBT di Sumatera Barat dan diperkirakan akhir Maret 2018, angka pasti pelaku LGBT sudah bisa diketahui.

“Kehidupan LGBT adalah kehidupan yang semua agama melarang dan tidak baik dari segi kesehatan. Dan dalam budaya minang dengan filosofi adat basandi syarak; syarak basandi Kitabullah (adat berlandaskan hukum agama; hukum agama berlandaskan Alquran), jelas-jelas tidak ada dalam budaya dan adat Minangkabau,” ujarnya.

Nasrul mengaku sangat prihatin karena tatanan budaya Minang dicoreng dan dirusak dengan perilaku LGBT. Untuk itu, dia mengharap mahasiswa dan pemuda tidak terjerumus dan terlibat LGBT dan narkotika.

Peranan mahasiswa, pemuda dan pelajar dalam membangun nagari kata adalah sesuatu yang harus dilakukan. Karena pembangunan nagari (desa) menjadi ujung tombak dalam keberhasilan pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Diakui saat ini, sumber daya manusia di Nagari amat kurang sekali, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi serta persoalan administrasi akuntansi. Jika ada peran dari generasi muda, tentu percepatan pembangunan nagari menjadi lebih baik, generasi muda jangan selalu berharap jadi PNS. Jadi pengusaha, pedagang, dan kegiatan jasa lainnya tentu jika dimulai sejak dini akan mampu memberikan hasil yang lebih baik nanti,” pungkasnya. []

Tinggalkan Balasan