Sedekah untuk Orang Tua yang Telah Wafat

Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi penghormatan dan pemuliaan kepada kedua orang tua, sebagaimana dijelaskan Allah SWT dalam firman-Nya.

Dalam Islam, penghormatan dan kemuliaan kepada kedua orang tua tidak dilakukan pada saat mereka masih hidup saja, tapi juga ketika mereka sudah meninggal. Salah satu bentuk penghormatan kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan bersedekah atas nama mereka.

Menurut hadits yang diriwayatkan Buraidah RA ketika sedang bersama Rasulullah SAW. Buraidah berkata, “Saat itu aku sedang bersama dengan Rasulullah lalu datang seorang perempuan. Dia berkata, ‘Aku bersedekah kepada seorang budak perempuan atas nama ibuku yang telah wafat’, lantas Rasulullah menjawab, ‘Kamu pasti mendapat pahala dan warisnya diberikan kepadamu’.

Perempuan itu bertanya, “Ya Rasulullah, ibuku memiliki kewajiban untuk meng-qadha puasa selama sebulan, bolehkah aku berpuasa atas namanya?” Lalu Rasul menjawab, “Berpuasalah atas namanya”. Lalu perempuan itu bertanya lagi, “Ibuku juga belum menunaikan ibadah haji, bolehkan aku berhaji atas namanya? Lalu Rasul menjawab lagi, Berhajilah atas namanya.” (HR. Bukhari-Muslim).

 

 

 

sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan